Kamis, 12 Juni 2008

Kuliah Sambil Bekerja

Andapun Bisa Bekerja Sambil Kuliah

Belakangan ini "kuliah sekaligus bekerja" banayak dilakukan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhannya sebagai mahasiswa dan individu. Terlebih mahasiswa dengan ststus perantau. Karena mahasiswa yang jauh dari orangtuanya sering kali mengalami masalah klasik seperti wesel atau transfer uang yang terlambat sementara mereka harus membayar uang semester, uang ujian, uang kost, beli buku dll. Kondisi ini yang membuat mereka berfikir untuk mencari pekerjaan tanpa meninggalkan bangku kuliah.

Sebenarnya kuliah sambil bekerja tidak dimonopoli oleh mahasiswa yang memerlukan uang untuk biaya kuliah. Sebagian mahasiswa lainnya terutama dikota besar, alasan itu bisa tidak berlaku. Mahasiswa yang memilih belajar sekaligus bekerja apasaja asal halal, bukan semata karena uang. Mereka tak malu meski bekerja dibidang pelayanan jasa, tetapi malah merasa bangga. Apa sebenarnya yang memotivasi mereka? Apa sisi positif dan negatifnya bagi si mahasiswa sendiri?

Kuliah sambil bekerja memang lebih banyak sisi positifnya, diantaranya untuk melatih kemandirian mahasiswa. Tetapi tentu saja, jika anda sebagai mahasiswa dan ingin mengisi waktu luang untuk bekerja, anda harus pintar memilih pekerjaan denga waktu yang flexible. Artinya pekerjaan tersebut tidak akan menghambat aktivitas kuliah.

Dan yang harus diingat, untuk menentukan pekerjaan mana yang sebaiknya anda pilih, sbelumnya perlu dipertimbangkan kekuatan dan kelemahannya. Jika anda memiliki keterampilan menulis, mungkin anda bisa memilih pekerjaan sebagai penulis freelance disebuah majalah atau surat kabar. Sebaliknya jika anda tidak memiliki keterampilan menjual jangan memaksakan diri untuk menjadi sales.

Ada baiknya sebelumnya mjuga membuat daftar pekerjaan yang dapat disambi kuliah. Dari daftar tersebut, tandai pekerjaan apa saja yang dapat anda lakukan sesuai kemampuan dan yang anda sukai. Atau juga bisa memanfaatkan bidang kuliah untuk bekerja. Misalnya jika anda kuliah di jurusan Bahasa Inggris, anda dapat mengajar atau memberi les bahasa inggris pada anak-anak SMP atau SMA. Jika anda kuliah di Fakultas Hukum, mungkin anda dapat bekerja part time dikantor-kantor pengacara. Jika anda kuliah di jurusan TI, anda bisa bekerja online marketing, online designer dll. menurut minat dan kesukaan anda. Selain mendapatkan uang saku Andapun bisa mengasah sekaligus mempraktekkan ilmu Anda.

Pastikan bahwa kuliah tidak akan terganggu dengan pekerjaan. Manfaatkan penghasilan yang anda peroleh untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Jangan menghambur-hamburkan uang yang didapat dengan susah payah hanya untuk kesenangan semata. Suatu hal yang sangat penting untu melakoni keduanya adalah kesehatan. Jika kondisi sering tidak sehat, tentu akan banyak menemui hambatan, maka jagalah kesehatan.

Dengan demikian, semoga semuanya berjalan lancar. Sehingga anda dapat menyelesaikan kuliah tanpa banyak merepotkan orangtua kan? Kalau dusah jadi sarjana pengalaman bekerja saat masih kuliah bisa menjadi refferensi yang berharga untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. semoga.

>>>kembali ke halaman sebelumnya

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Simple, Bright, Devoted, Patient, Downright, Taking a fancy to good everything and correctness, peaceful love and like the friendship. Life [is] deed. If doing a kindness hence well got result for what given [by] God of us.... Try so that to be better and pray, so that protected and loved [by] God.....
Powered By Blogger